Halaman

Qincay Office

Qincay Office

Rabu, 11 April 2012

Pengertian Evaluasi Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

Ø  Latar Belakang
Evaluasi pendidikan itu dapat di artikan dengan : suatu tindakan atau kegiatan( yang dilaksanakan dengan maksud untuk)  atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan ,atau yang terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga dapat di ketahui mutu dan hasil-hasilnya .
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengertian evaluasi pendidikan itu sendiri dan hal-hal yang berkaitan dengannya

Ø  Rumusan Masalah
Bagaimana yang dimaksud dengan evaluasi pendidikan dan bagaimana hubungan antara penilaian dan pengukuran dan apa perbedaan antara penilaian dan pengukuran serta bagaimana fungsi evalusi pendidikan

 BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI PENDIDIKAN

A.PENGERTIAN EVALUASI DAN EVALUASI PENDIDIKAN
            Secara harfiah evaluasi berasal dari bahasa ingris evaluation ;dalam bahasa arab : al takdir;dalam bahasa indonesia berarti : penilain. Akar katanya adlah value ;dalam bahasa arab al qimah ;dalam bahasa ndonesia berarti :nilai . dengan demikian secara hafiah ,evaluasi pendidikan (eduational evaluation =al takdir al tarbawiy)dapat diartikan sebgai :penilaian dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan .
            Adapun dari segi istilah , sebagaimana di kemukakan oleh  Edwindwandt dan Gerald W. Brown (1977):evaluation refer to the act orprocess to determining the valueof something . menurut defenisi ini , maka istilah evaluasi itu menunjuk kepada atau mengandung pengertian : suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari suatu .
            Adpun depenisi yang dikemukakan oleh Edwind Want dan Geral W.Brown itu untuk memberikan defenisi tentang Evaluasi pendidikan , maka evaluasi pendidikan itu dapat di artikan sebagai berikut : suatu tindakan atau kegiatan( yang dilaksanakan dengan maksud untuk)  atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan ,atau yang terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga dapat di ketahui mutu dan hasil-hasilnya .
            Berbicara tentang pengertian istilah evaluasi pendidikan , di tanah air kita , lembaga administrasi negara mengemukakan batasan mengenai evaluasi pendidikan sebagai berikut .

 Evaluasi pendidikan adalah :
1.  proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan , dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan .
2.  usaha untuk memperoleh informasi berupa unpan balik ( feed back ) bagi penyempurnan pendidikan

B. HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN DAN PENGUKURAN
            Dalam penggunaan atau praktek acap kali terjadi kerancuanatau tumpangtindih dalam penggunaan antara istilah :”evaluasi”.”penilaian”,”pengukuran”.kenyataan seperti itu memang dapat dipahami , karena di antara ke tiga istilah tersebut saling kait mengkait sehingga sulit untuk di bedakan .
“Mengukur” pada hakekatnya adalah membandigkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu .misalnya ,dari 100 butir soal yang di ajukan dalam tes , Ahmad menjawab dengan betul sebanyak 80 butir soal . dari contoh tersebutdapat kita pahami bahwa pengengukuran itu sifatnya kuantitatif.
            Pengukuran yang bersufat kuantitatif itu dapat dibedakan menjadi tiga macam :
1. pengukuranyang dilakukan bukan untuk menguji sesuatu.
2.pengukuran yang dilakukan untuk menguji sesuatu.
3. oengukuran untuk menilai .

“penilaian”.sedangkan penilaian itu mengandung arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau berpengang pada ukuran baik atau buruk,sehat atau sakit , pandai atau bodoh dan sebagainya . jidi penilaian itu sifatnya kualitatif . dalam contoh tadi ,dari 100 bitir soal ,80 butir dijawab dengan betul oleh Ahmat:dengan demikian dapat ditentukan bahwa Ahmat termasuk anak yang pandai..
            Sedang “evaluasi” adalah mencakup dua kegiatan yang telah dikemukakan tadi ,yaitu mencakup “pengukuran”,”penilaian “.evaluasi adalah kegiatan atau proses untuk menilai sesuatu ,untuk dapat menentukan nilai dari sesuatu yang sedang di nilai itu , dilakukanlah pengukuran , dan wujut dari pengukuran itu adalah engujian, dan pengujian inilah yang dalam dunia kependidikan dikenal dengn istilah tes . tadi telah di kemukakan bahwa pengukuran itu bersifat kuantitatif; hasil pengukuran itu berwujut keterangan –keterangan yang berupa angka-angka atau bilangan-bilangan .adapun evaluasi bersifat kualitatif; evaluasi pada dasarnya adalah merupakan penafsiran atau interpretasi yang sering bersumber pada data kuantitatif,karena sebagiamana dikemukakan oleh Prof.Dr.Masroen,M..A.
(1979)tidak semua penafsiran itu bersumber dari keterangan-keterangan yang bersifat kuantitatif.

C. PERBEDAAN ANTARA PENILAIAN DAN PENELITIAN  
            Sekalipun antara penilaian dan penelitian terdapat kesaman setidak-tidaknya mendekati sama ,yaitu dari segi tahapat atau langkah-langkah pelaksanannyan , yaiu diawali dengan perencanaan yang sistematis , dilanjutkan dengan pengumpulan data dan selnjutnya dilakukan pengolahan , analisis dan interpretasi, terhadap data yang telah berhasil dihimpun dalam kedua jenis kegiatan itu , namun diantara kedua itu terdapat perbedaan yang bersifat mendar .
           
Contoh :
Jenis indikator
Penilaian (evaluation)
Penelitian (research)
Dasar berpijaknya
Senntiasa mendasarkan diri pada sesuatu kriteria atau (tolak ukur)
Belumtentu mendasarkan diri pada tolak ukur
Tujuannya
Bukan untuk menentukan dalil atau tiori , atau menarik kesimpulan yang sifatnya  umum berlaku umum , melainkan bertujuan untuk menemukan nilai dari seuatu , atas dasar kriteria ( tolak ukur) yang telah ditentukan .
Bertujuan untuk menemukan dalil atau tiori , atau menarik kesimpulan yang sifatnya berlaku umum .
Temanya
Melakukan pengukuran untuk memperoleh datayang akan dibandingkan dengan kriteria yang ada. Memberikan interpretasi terhadap data hasil pengukuran apkah sesuai atau menyimpang dari kriteria yang ada .menentukan pendapat atau mengambil keputusan sebagai tindak lansung hasil penilaian .
Jadi: penilaian itu berorientasi pada pengambilan keputusan .
Melakukan pengukuran dalam rangka menemukan dalil , atau menarik kesimpulan yang bersifat umum .
Memberikan interpretasi terhadap data hasil pengukuran .
Menarik kesimpulan hasil penelitian dan membuat prediksi .
Jadi:penelitian lebih berorientasi kepada penyimpulan.

D. FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN
a.  secara umum :evaluasi sebagai suatu tindakan atau proses yang memiliki tiga macam fungsi pokok :
1.mengukur kemajuan
2. mnunjang penyusunan rencana
3. memperbaiki atau elakukan penyempurnaan kembali

                                                 
BAB III
PENUTUP

Ø  Kesimpulan
evaluasi pendidikan itu dapat di artikan sebagai berikut : suatu tindakan atau kegiatan( yang dilaksanakan dengan maksud untuk)  atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan ,atau yang terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga dapat di ketahui mutu dan hasil-hasilnya .
penilaian itu mengandung arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau berpengang pada ukuran baik atau buruk,sehat atau sakit , pandai atau bodoh dan sebagainya . Sedang “evaluasi” adalah mencakup dua kegiatan yang telah dikemukakan tadi ,yaitu mencakup “pengukuran”,”penilaian

Ø  Saran
Penulis menyadari sebagai manusia biasa yang tak lepas dari kekurangan yang membawa ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat kostruktif demi kesempurnaannya dimasa mendatang.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anas Suditjono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,

Tidak ada komentar: