BAB I
PENDAHULUAN
Ø Latar Belakang
Evaluasi pendidikan
itu dapat di artikan dengan : suatu tindakan atau kegiatan( yang dilaksanakan
dengan maksud untuk) atau suatu proses
(yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam
dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan ,atau yang
terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan adalah
kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga dapat di ketahui
mutu dan hasil-hasilnya .
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengertian evaluasi pendidikan itu
sendiri dan hal-hal yang berkaitan dengannya
Ø Rumusan Masalah
Bagaimana
yang dimaksud dengan evaluasi pendidikan dan bagaimana hubungan antara
penilaian dan pengukuran dan apa perbedaan antara penilaian dan pengukuran
serta bagaimana fungsi evalusi pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI
PENDIDIKAN
A.PENGERTIAN EVALUASI DAN EVALUASI PENDIDIKAN
Secara
harfiah evaluasi berasal dari bahasa ingris evaluation ;dalam bahasa arab : al
takdir;dalam bahasa indonesia berarti : penilain. Akar katanya adlah value
;dalam bahasa arab al qimah ;dalam bahasa ndonesia berarti :nilai . dengan
demikian secara hafiah ,evaluasi pendidikan (eduational evaluation =al takdir
al tarbawiy)dapat diartikan sebgai :penilaian dalam bidang pendidikan atau
penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan .
Adapun
dari segi istilah , sebagaimana di kemukakan oleh Edwindwandt dan Gerald W. Brown
(1977):evaluation refer to the act orprocess to determining the valueof
something . menurut defenisi ini , maka istilah evaluasi itu menunjuk kepada
atau mengandung pengertian : suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai
dari suatu .
Adpun
depenisi yang dikemukakan oleh Edwind Want dan Geral W.Brown itu untuk
memberikan defenisi tentang Evaluasi pendidikan , maka evaluasi pendidikan itu
dapat di artikan sebagai berikut : suatu tindakan atau kegiatan( yang
dilaksanakan dengan maksud untuk) atau
suatu proses (yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala
sesuatu dalam dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan
,atau yang terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi
pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga
dapat di ketahui mutu dan hasil-hasilnya .
Berbicara
tentang pengertian istilah evaluasi pendidikan , di tanah air kita , lembaga
administrasi negara mengemukakan batasan mengenai evaluasi pendidikan sebagai
berikut .
Evaluasi pendidikan adalah :
1. proses atau kegiatan untuk menentukan
kemajuan pendidikan , dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan .
2. usaha untuk memperoleh informasi berupa unpan
balik ( feed back ) bagi penyempurnan pendidikan
B. HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN DAN PENGUKURAN
Dalam
penggunaan atau praktek acap kali terjadi kerancuanatau tumpangtindih dalam
penggunaan antara istilah :”evaluasi”.”penilaian”,”pengukuran”.kenyataan
seperti itu memang dapat dipahami , karena di antara ke tiga istilah tersebut
saling kait mengkait sehingga sulit untuk di bedakan .
“Mengukur” pada hakekatnya adalah
membandigkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu .misalnya ,dari 100
butir soal yang di ajukan dalam tes , Ahmad menjawab dengan betul sebanyak 80
butir soal . dari contoh tersebutdapat kita pahami bahwa pengengukuran itu
sifatnya kuantitatif.
Pengukuran
yang bersufat kuantitatif itu dapat dibedakan menjadi tiga macam :
1. pengukuranyang dilakukan bukan
untuk menguji sesuatu.
2.pengukuran yang dilakukan untuk
menguji sesuatu.
3. oengukuran untuk menilai .
“penilaian”.sedangkan penilaian itu mengandung
arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau
berpengang pada ukuran baik atau buruk,sehat atau sakit , pandai atau bodoh dan
sebagainya . jidi penilaian itu sifatnya kualitatif . dalam contoh tadi ,dari
100 bitir soal ,80 butir dijawab dengan betul oleh Ahmat:dengan demikian dapat
ditentukan bahwa Ahmat termasuk anak yang pandai..
Sedang
“evaluasi” adalah mencakup dua kegiatan yang telah dikemukakan tadi ,yaitu mencakup
“pengukuran”,”penilaian “.evaluasi adalah kegiatan atau proses untuk menilai
sesuatu ,untuk dapat menentukan nilai dari sesuatu yang sedang di nilai itu ,
dilakukanlah pengukuran , dan wujut dari pengukuran itu adalah engujian, dan
pengujian inilah yang dalam dunia kependidikan dikenal dengn istilah tes . tadi
telah di kemukakan bahwa pengukuran itu bersifat kuantitatif; hasil pengukuran
itu berwujut keterangan –keterangan yang berupa angka-angka atau
bilangan-bilangan .adapun evaluasi bersifat kualitatif; evaluasi pada dasarnya
adalah merupakan penafsiran atau interpretasi yang sering bersumber pada data
kuantitatif,karena sebagiamana dikemukakan oleh Prof.Dr.Masroen,M..A.
(1979)tidak semua penafsiran itu bersumber dari keterangan-keterangan yang bersifat kuantitatif.
(1979)tidak semua penafsiran itu bersumber dari keterangan-keterangan yang bersifat kuantitatif.
C. PERBEDAAN ANTARA PENILAIAN DAN PENELITIAN
Sekalipun
antara penilaian dan penelitian terdapat kesaman setidak-tidaknya mendekati
sama ,yaitu dari segi tahapat atau langkah-langkah pelaksanannyan , yaiu diawali
dengan perencanaan yang sistematis , dilanjutkan dengan pengumpulan data dan
selnjutnya dilakukan pengolahan , analisis dan interpretasi, terhadap data yang
telah berhasil dihimpun dalam kedua jenis kegiatan itu , namun diantara kedua
itu terdapat perbedaan yang bersifat mendar .
Contoh :
Jenis indikator
|
Penilaian (evaluation)
|
Penelitian (research)
|
Dasar berpijaknya
|
Senntiasa mendasarkan diri pada sesuatu kriteria
atau (tolak ukur)
|
Belumtentu mendasarkan diri pada tolak ukur
|
Tujuannya
|
Bukan untuk menentukan dalil atau tiori , atau
menarik kesimpulan yang sifatnya umum berlaku
umum , melainkan bertujuan untuk menemukan nilai dari seuatu , atas dasar
kriteria ( tolak ukur) yang telah ditentukan .
|
Bertujuan untuk menemukan dalil atau tiori ,
atau menarik kesimpulan yang sifatnya berlaku umum .
|
Temanya
|
Melakukan pengukuran untuk memperoleh datayang
akan dibandingkan dengan kriteria yang ada. Memberikan interpretasi terhadap
data hasil pengukuran apkah sesuai atau menyimpang dari kriteria yang ada
.menentukan pendapat atau mengambil keputusan sebagai tindak lansung hasil
penilaian .
Jadi: penilaian itu berorientasi pada
pengambilan keputusan .
|
Melakukan pengukuran dalam rangka menemukan
dalil , atau menarik kesimpulan yang bersifat umum .
Memberikan interpretasi terhadap data hasil
pengukuran .
Menarik kesimpulan hasil penelitian dan membuat
prediksi .
Jadi:penelitian lebih berorientasi kepada
penyimpulan.
|
D. FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN
a. secara umum :evaluasi sebagai suatu tindakan atau
proses yang memiliki tiga macam fungsi pokok :
1.mengukur kemajuan
2. mnunjang penyusunan rencana
3. memperbaiki atau elakukan
penyempurnaan kembali
BAB III
PENUTUP
Ø Kesimpulan
evaluasi pendidikan
itu dapat di artikan sebagai berikut : suatu tindakan atau kegiatan( yang
dilaksanakan dengan maksud untuk) atau
suatu proses (yang berlangsung dalam rangka ) menentukan nilai dari segala
sesuatu dalam dunia pendidikan ( yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan
,atau yang terjadi di lapngan pendidikan ). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan
adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan , sehingga dapat di
ketahui mutu dan hasil-hasilnya .
penilaian itu
mengandung arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri
atau berpengang pada ukuran baik atau buruk,sehat atau sakit , pandai atau
bodoh dan sebagainya . Sedang “evaluasi” adalah mencakup dua kegiatan yang
telah dikemukakan tadi ,yaitu mencakup “pengukuran”,”penilaian
Ø Saran
Penulis
menyadari sebagai manusia biasa yang tak lepas dari kekurangan yang membawa
ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat kostruktif demi kesempurnaannya dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
Anas Suditjono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar